Visi dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI): Kualitas, Integratif, dan Kompetitif

Authors

  • Rudi Ahmad Suryadi STIS Nahdlatul 'Ulama Cianjur

Keywords:

Vision, Paradigm, Strategic

Abstract

The implementation of Islamic Teaching (Pendidikan Agama Islam) relates with achieving the goal of faith, piety and best character based on the spirit of UU RI Nomor 20 of 2003 on National Education System. In achieving it’s  quality in the context of national development paradigm requires an understanding it. Paradigm is a foundation in quality development strategies. The paradigm that leads to the achievement of quality, integrated, and competitive be the foundation and frame for the realization of strategic programs with various dimensions. Paradigm of Quality, Integrative, Competitive in Religious Character frame becomes viewpoint for future. Expectations of education that touches the ease of access and quality can always be realized with a variety of synergistic efforts of various dimensions.

References

ACDP. Panduan De-Radikalisme Bernuansa Agama Melalui Pelatihan Pengayaan Materi Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Cardno.2015.

Azyumardi Azra, “Pembangunan Karakter Bangsa: Pendekatan Budaya, Pendidikan dan Agama”, dalam Saifuddin dan Karim. Refleksi Karakter Bangsa.Jakarta: Forum Kajian Antropologi Indonesia. 2008.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Kebijakan Pembangunan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.2010.

Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa (Bahan Pelatihan:Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa),Jakarta: Kemendiknas. 2010.

Barizi, Ahmad dan Tolkhah, Imam.Membuka Jendela Pendidikan: Mengurai Akar Tradisi dan Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Jakarta : Rajawali Press. 2004.

Chang, Richard. Peningkatan Proses Berkesinambungan. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo. 1999.

David, Garvin. Managing Quality. New York USA: The Free Press. 1988.

Goetch and Davis. Introduction to Total Quality: Quality, Productivity, Competetiveness. Englewood Clift: Prentice-Hall International. 1994.

Harefa, Andreas. Menjadi Manusia Pembelajara-on Becoming Learner-Pemberdayaan Diri, Transformasi Organisasi dan Masyarakat Lewat Proses Pembelajaran. Jakarta : Kompas, 2000.

Ismail. Paradigma Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Pelajar. 2001.

Kuntowijoyo. Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Mizan. 1997.

Loren Bagus. Kamus Filsafat. Jakarta : Gramedia. 1996.

Nanang Fattah. Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dan Dewan Sekolah. Bandung: Pustaka Bani Quraisy. 2003.

Priatna, Tedi. Reaktualisasi Paradigma Pendidikan Islam : Ikhtiar Mewujudkan Pendidikan Bernilai Ilahiah dan Insaniah di Indonesia. Bandung : Pustaka Bani Quraisy. 2004.

Renstra Kementerian Agama tahun 2015-2019.

Shaleh, Abdul Rachman. Madrasah dan Pendidikan Anak Bangsa Visi, Misi, dan Aksi. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2006.

Soewarso. Total Quality Management. Yogyakarta: ANDI Offset. 1999.

Tilaar, HAR. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional: Dalam Persfektif Abad 21. Magelang: Indonesia Tera. 1999.

Tim Penyusun.Islam Rahmatan lil Alamin. Jakarta: Ditpai Kemenag RI. 2014.

Vincent. Manajemen Kualitas: Penerapan Konsep-Konsep Kualitas dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: Gramedia.1997.

Yamit, Zalian. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia. 2005.

Downloads

Published

03-12-2016

How to Cite

Suryadi , R. A. . (2016). Visi dan Paradigma Pendidikan Agama Islam (PAI): Kualitas, Integratif, dan Kompetitif. EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 4(2), 253–276. Retrieved from https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/119