ETIKA PELAYANAN USAHA FOOD COURT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Queen Resto Kelurahan Bago Tulungagung)

Authors

  • Mifnatul Mukharomah STAI Muhammadiyah Tulungagung
  • Mei Santi STAI Muhammadiyah Tulungagung

Keywords:

Etika, Pelayanan Islam, Food Court

Abstract

Bisnis kuliner beragam etika pelayanan yang diberikan oleh pengusaha bisnis tersebut. Ditemukan beberapa kejadian di tempat usaha kuliner didapati etika pelayanan yang kurang. Penelitian yang peneliti lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Penerapan etika pelayanan usaha Food Court Queen Resto Kelurahan Bago Kabupaten Tulungagung yaitu menerapkan prinsip 3S (Senyum, Sapa dan Salam), dimana prinsip tersebut telah diterapkan dengan baik oleh para karyawannya. Prinsip 3S diterapkan untuk menarik dan memikat konsumen yang datang untuk kembali lagi berkunjung serta mencari konsumen yang baru dari rekomendasi konsumen yang sudah pernah datang dan mendapatkan pelayanan yang baik di Food Court Queen Resto Tulungagung. Implementasi etika pelayanan usaha Food Court Queen Resto Kelurahan Bago Kabupaten Tulungagung perspektif ekonomi Islam sudah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan nilai-nilai ekonomi Islam, yang terdiri dari: profesional, komunikatif (tabligh), jujur, dan amanah dalam setiap melayani konsumennya. Dimana etika pelayanan tersebut dilakukan untuk menarik konsumen agar merasa puas ketika datang dan membawa dampak yang positif salah satunya meningkatkan pendapatan untuk usaha kuliner Food Court Queen Resto Tulungagung dan kedepan usahanya semakin berkembang pesat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antony, Etika dan Bisnis Prespektif Ekonomi Islam, EDUKASI: Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan, volume 2, No.1, 2018, https://www.researchgate.net/publication/337398951_ETIKA_DAN_BISNIS_PERSPEKTIF_EKONOMI_ISLAM/link/5dd5606e299bf11ec866ae38/download, diakses pada 15 April 2020

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rinekaa Cipta, 2013

Bisri, Mashur Hasan, Etika Pelayanan Publik di Indonesia, EDUKASI: Jurnal of Governance Innovation, volume 1, No.1, Maret 2019, https://media.neliti.com/media/publications/283283-etika-pelayanan-publik-di-indonesia-fc78aaeb.pdf, diakses pada 25 April 2020

Dewinorva, Bisnis dalam Perspektif Islam, EDUKASI: Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, volume 01, No. 01, Desember 2015, 33, https://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/altijary/article/view/420/323, diakses pada 08 April 2020

Djafri, Novianty, Manajemen Pelayanan, Gorontalo: Ideas Publishing, 2018, http://repository.ung.ac.id/karyailmiah/show/1682/novianty-djafri-buku-manajemen-pelayanan-berbasis-revolusi-mental.html#, diakses pada 12 April 2020

Febrianto, Muhammad Riza, Efek Pelayanan Senyum, Salam, Sapa Petugas Kasir Terhadap Kepuasan Konsumen Supermarket, EDUKASI: Jurnal Psikologi Undip, Volume 12, No.1, April 2013,https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/vie w/8334/0, diakses pada 06 Juli 2020

Hariyanti, Puji, Pengaruh Aktivitas Customer Service dan Kepuasan Nasabah terhadap Loyalitas Nasabah Bank Riau Kepri Capem Panam Pekanbaru, EDUKASI: Jurnal Komunikasi, volume 8, No.1, Oktober 2013, https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6467, diakses pada 23 April 2020

Hudiarini, Sri, Penyertaan Etika Bagi Masyarakat Akademik dikalangan dunia Pendidikan tinggi, EDUKASI: Jurnal Moral Kemasyarakatan, volume 2, No.1, Juni 2017, https://media.neliti.com/media/publications/255612-penyertaan-etika-bagi-masyarakat-akademi-4ffb0a88.pdf, diakses pada 22 April 2020

Juniati, Ipah Ema, Dimensi Etika dalam Pelayanan Publik Arti Penting, Dilema dan Implikasinya bagi Pelayanan Publik di Indonesia, EDUKASI: Jurnal Administrasi Publik, volume 3, No. 1, Juni 2012, http://repository.fisip-untirta.ac.id/1431/1/4.%20Ipah%20Ema%20Jumiati.pdf, diakses pada 26 April 2020

Laksana, Indra, Al-Qur'an 1day juz, Bandung: sy9ma creative media corp, 2017

Maulana, Yusdi, Tinjauan Nilai-Nilai Etika Pelayanan Islam Terhadap Sistem Pelayanan Pasien di Klinik Harapan Sehat Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur, EDUKASI: Jurnal Prosiding Keuangan dan Perbankan Syariah, Volume 5, No.1, Februari 2019, http://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/hukum_ekonomi_syariah/article/view/16161/pdf, diakses pada 08 Juni 2020

Raco, Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, 2010, https://www.scribd.com/doc/178328751/Buku-Jozef-Raco-Metode-Penelitian-Kualitatif, diakses pada 06 Mei 2020

Rafidah, Kualitas Pelayanan Islam pada Perbankan Syariah, EDUKASI: Jurnal Nalar Fiqh, volume 10, No.2, Desember 2014, https://media.neliti.com/media/publications/220478-kualitas-pelayanan-islami-pada-perbankan.pdf, diakses pada 15 April 2020

Sellang, Kamaruddin, Administrasi dan Pelayanan Publik Antara Teori dan Aplikasinya, Yogyakarta: Ombak Tiga, 2016, https://www.researchgate.net/publication/331341122_ADMINISTRASI_DAN_PELAYANAN_PUBLIK_Antara_Teori_dan_Aplikasi, diakses pada 23 April 2020

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2015

Sujarweni, V.Wiratna, Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi, Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2015

Taufina, Verryza Agridita, Kualitas Pelayanan dalam Perspektif Strategi Pelanggan di Bandara Sepinggan, Balikpapan, EDUKASI: Jurnal Pelayanan Publik, volume 1, No.1, Januari 2014, http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp967363e9c9full.pdf, diakses pasa 23 April 2020

Taufiqurokhman, Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik, Tanggerang: UMJ PRESS, 2018, http://taufiqurokhman.com/wp-content/uploads/2018/03/BUKU-PELAYANAN-PUBLIK_lengkap-rev.pdf, diakses pada 11 April 2020

https://tafsirweb.com/37718-quran-surat-az-zalzalah-ayat-7-8.html, di akses pada 10 Juni 2020

https://kbbi.web.id/pelayanan, diakses pada 29 April 2020

https://edoparnando27.wordpress.com/customer-service/, Edoparnando, Customer Service, diakses pada 09 Juni 2020

https://tafsirweb.com/3121-quran-surat-at-taubah-ayat-105.html, diakses pada 11 Juni 2020

Published

2021-06-12

How to Cite

Mukharomah, M., & Santi, M. (2021). ETIKA PELAYANAN USAHA FOOD COURT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Queen Resto Kelurahan Bago Tulungagung). EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari’ah & Bisnis Islam, 8(01), 41-66. Retrieved from https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/eksyar/article/view/573

Issue

Section

Eksyar: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam

Most read articles by the same author(s)