Pengembangan Program Akselerasi (Pemikiran Pengembangan Pendidikan Islam)

Authors

  • Afiful Ikhwan STAI Muhammadiyah Tulungagung

Keywords:

Pengembangan dan Akselerasi

Abstract

Accelerated learning program (acceleration) is a program of special education services for students who have the ability and extraordinary intelligence to learn faster completion time or earlier than the time specified, at every level of education. But what about the learners' psychological review? How aspects and analysis of educational experts? Accurate to the program applied to school in Indonesia? All will discuss in this paper.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alsa, Asmadi. 2007. Program akselerasi SMA ditinjau dari sudut pandang psikologi pendidikan. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.
Boy, Wizard. Akselerasi or Acceleration, dalam: http://accelerationclass.blogspot.com/2007/12/berhasilkah-program-akselerasi-kita_07.html diakses pada Kamis, 01 Okt 2014.
Braggett, EJ. 1994, Developing Programs for Gifted Students. Australia: Hawker Brownlow Education.
Depdikbud. 1994. Pengembangan Sekolah Unggul. Jakarta: Depdikbud.
Hawadi, Akbar, Reni. 2004. Akselerasi: A-Z Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual, Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia. __________, 2001. Kurikulum Berdiferensiasi. Jakarta: Grasindo Widiasarana Indonesia.
i-Software, Pusaka, Lidwa. 2010. Kitab 9 Imam Hadist. Jakarta: Lidwa Pusaka.
Jones, E. D., and Southern, W. T., t.t. Types of Acceleration: Dimensions and Issues, by, A Nation Deceived, V. II, Chapter 1.
Kamdi, Waras. Kelas Akselerasi dan Diskriminasi Anak. Kompas Online, 24 dan 26 Juli 2004. Dalam http://www.majalahpendidikan.com/2011/04/pengertian-dan-tujuan-program.html diakses pada Kamis 01 Okt 2014.
Muhamad, Amril. Sejarah Program Akselerasi di Indonesia. Dalam http://asosiasicibinasional.wordpress.com/2011/08/13/sejarah-program-akselerasi-di-indonesia/ diakses pada Kamis 01 Okt 2014.
Nugraha, Adi, Bambang. Keuntungan dan kerugian program akselerasi pada siswa, dalam http://psikologibebas.blogspot.com/2012/06/keuntungan-dan-kerugian-program.html, diakses pada minggu, 26 Juni 2014.
Nuraida, Hawadi, L.F., Moesono, A. 2007. Dampak Program Akselerasi Indonesia yang Berbasis Kurikulum Nasional Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Peserta Akselerasi Tingkat SMA di Jakarta. Jurnal Keberbakatan dan Kreativitas “Gifted Review”. Vol. 1 No. 1. T.p. Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat. 2003. Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Rogers, KB. 2002. Re-Forming Gifted Education, Arizona: Great Potential Press, Inc. Semiawan, Conny. 1997. Perspektif Pendidikan Anak Berbakat. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana.
Sekolah Luar Biasa, Direktorat Pembinaan. 2010. Panduan Guru dan Orang tua Pendidikan Cerdas Istimewa. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Subarkah, Andi, dkk. 2011. Syamil Al-Qur‟an Miracle The Reference. Bandung: Sygma Publishing. Terman, LM. 1979. The Discovery and Encoragement of Exceptional Talent. Standford: Stanford University Press.
Tirtonegoro, Sutratinah. 2001. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya, Yogyakarta: Bumi Aksara. Utami Munandar, SC. 1989. Bunga Rampai Anak Berbakat: Pembinaan dan Pendidikannya. Jakarta: Rajawali.

Published

2015-11-01

How to Cite

Ikhwan, A. (2015). Pengembangan Program Akselerasi (Pemikiran Pengembangan Pendidikan Islam). EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 862-893. Retrieved from https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/132

Issue

Section

EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam