STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

Siti Nur Hidayatul Hasanah

Abstract


As an institution that has long been developing,
the school is an institution that is complex and unique. Is complex
because of the madrassa as an organization in which there are
various dimensions to each other interrelated and mutually
determine. While unique madrassa as an institution that has
certain characteristics that are not owned by other organizations.
Head madrasah professionals need to succeed in government
programs are being rolled out as local autonomy, decentralization
of education, school-based management, competency-based
curriculum. All of it requires the participation and professional
performance headmaster. The school principal professional new
paradigm in the management of education will have a positive
impact and a fairly fundamental change in the renewal of the
education system in schools.
Sebagai lembaga yang sudah lama berkembang, madrasah
merupakan lembaga yang bersifat komplek dan unik. Bersifat
komplek karena madrasah sebagai organisasi yang di dalamnya
terdapat berbagai dimensi yang satu dengan yang lain saling
berkaitan dan saling menentukan. Sedangkan unik bahwa
madrasah sebagai lembaga memiliki ciri-ciri tertentu yang tidak
dimiliki organisasi-organisasi lain. Kepala madrasah secara
profesional perlu untuk mensukseskan program-program
pemerintah yang sedang digulirkan seperti otonomi daerah,
desentralisasi pendidikan, manajemen berbasis sekolah, kurikulum
berbasis kompetensi. Kesemuanya itu menuntut peran-serta dan
kinerja profesional kepala madrasah. Kepala sekolah profesional
paradigma baru dalam manajemen pendidikan akan memberikan
dampak positif dan perubahan yang cukup mendasar dalam
pembaharuan sistem pendidikan di sekolah.

Keywords


Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Kompetensi Profesional Guru.

Full Text:

PDF

References


Azhari, Ahmad, Supervisi Rencana Program Pembelajaran (Jakarta: PT. Riau Putra, 2003).

Departemen Agama RI, Pedoman Pelaksanaan Supervisi Pendidikan Agama (Jakarta: Depag RI, 2003).

Daradjat, Zakiyah, et.al., Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Bumi Aksara, 1996).

Departemen Agama RI, Wawasan Tugas Guru dan Tenaga Kependidikan, (Jakarta: Dirjend Kelembagaan Agama Islam, 2005).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1988).

Depag RI, Pedoman Pengembangan Profesi Kepengawasan dan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah, (Jakarta: Depag RI, 2004).

Fadjar, A. Malik, Visi Pembaharuan Pendidikan Islam (Jakarta: LP3NI, 1998).

Maksum, Ali, Makalah Managemen Pendidikan Islam (Surabaya: IAIN Sunan Ampel, tt./tidak diterbitkan).

Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam (Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1989).

Mulyasa, E., Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Menyukseskan MBS dan KBK (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2003).

Nurdin, Syafruddin, Guru Profesional dan Implementasi Kurikulum (Jakarta: Ciputat Pers, 2002).

Poerwadarminto, W.J.S., Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 1991).

Purwanto, M. Ngalim, Administrasi dan Supervisi Kependidikan (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2003).

Rahmi, Sri, Tesis: Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Profesional Tenaga Kependidikan di MTsN Malang, 2003, tidak dipublikasikan.

Sagala, Saiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer (Bandung: Alfabeta, 2005).

Sumanto, Wasty, dan Hendyat Soetopo, Kepemimpinan dalam Pendidikan (Surabaya: Usaha Nasional, t.t).

Tiono, Agus, Jurnal Pendidikan Tinjauan Yuridis Profesionalisme Guru Menurut UU Keguruan (Hak dan Kewajiban Guru sebagai Profesi), (Majalah Mimbar Pembangunan Agama No. 234/Shafar-Rabiul Awal/Maret 2006 M/TH. Ke-XX).

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004).

Wahjosumidjo, Kepemimpinan Kepala Sekolah : Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2002).

Wakidi, Tesis: Pembinaan Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Islam (Studi Kasus SD Al-Hikmah Surabaya), (Surabaya, 2002, tidak diterbitkan).




DOI: http://dx.doi.org/10.5281/e-journal.v4i2.228

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.5281/e-journal.v4i2.228.g181

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam

..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Diindeks oleh:

joomla
visitors Creative Commons License Jurnal EDUKASI by STAI Muhamadiyah Tulungagung is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI.

..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

EDUKASI: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
Progam Pendidikan Agama Islam Stai Muhammadiyah Tulungagung.  Jl. Pahlawan Gg.III / 27 Tulungagung Telepon (0355) 322376