PERAN PENGAWAS DALAM MEREKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM

  • Harinurdi Harinurdi Pengawas Kemenag Kabupaten Trenggalek

Abstract

Islamic education is a comprehensive educational and integrative. All the components required to perform its role of Islamic education Islamic education in order to be successful. An Islamic education supervisors to perform its role to the starting point in Islamic values. In the implementation, there are several techniques of Islamic education supervisors who do supervisors. Supervisory duties fostering Islamic education teachers to be able to have a religious type of integration, by modeling or by uswah hasanah, so teachers are also imitating doing the same thing. Supervisors are able to perform its role is always to know and monitor the conditions and the competence of teachers who supervised.

Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang komprehensif dan integratif. Seluruh komponen pendidikan Islam wajib menjalankan perannya supaya pendidikan Islam tersebut berhasil. Seorang pengawas pendidikan Islam menjalankan perannya dengan bertitik tolak pada nilai-nilai keislaman. Dalam implementasinya, terdapat beberapa teknik supervisi pendidikan Islam yang dapat dilakukan pengawas. Pengawas pendidikan Islam tugasnya membina guru supaya mampu mempunyai tipe yang religius integration, dengan cara modelling atau dengan uswah hasanah, supaya guru juga meniru melakukan hal yang sama. Pengawas yang mampu menjalankan perannya selalu mengetahui dan memantau kondisi dan kompetensi guru yang diawasi.

Author Biography

Harinurdi Harinurdi, Pengawas Kemenag Kabupaten Trenggalek
Pengawas Kemenag Kabupaten Trenggalek

References

Engkoswara, Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2010.
Fathurrohman, Muhammad, Hindama Ruhyanani, Sukses Menjadi Pengawas Ideal, Yogyakarta: Arruzz Media, 2015.
Fathurrohman, Muhammad, Sulistyorini, Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam: Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam Secara Holistik (Teoritik & Praktik), Yogyakarta: Teras, 2012.
Glickman, Carl D., Gordon, Supervision and Instructional Leadership, Boston: Pearson Education, 2010.
Gwynn, J.M., Theory and Practice of Supervision, New York: Dodd, Mead & Company, 1961.
Hujair AH. Sanaky, Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Safira Insania Press, 2003.
Peraturan Pemerintah nomor 74 tahun 2008
Permenpan & RB Nomor 21 tahun 2010.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008.
SK Menpan no 118 Tahun 1996.
Stones, Edgar, Supervision in Teacher Education: A Counselling and Paedagogical Approach, London: Methuen & Co.Ltd, 1984.
Supriyanto, Eko, “Mulai Menokohkan Figur Pengawas dalam Mendinamisasikan Sekolah” dalam Eko Supriyanto dkk, Supervision: Bunga Rampai Supervisi Pendidikan, From Control to Help, Yogyakarta: Fairuz Media, 2012.
Wiles, Kimbals, Supervision for Better School, New Jersey: Prentice Hall, 1986.
Published
2016-11-01
How to Cite
HARINURDI, Harinurdi. PERAN PENGAWAS DALAM MEREKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 277-290, nov. 2016. ISSN 2407-3717. Available at: <http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/5>. Date accessed: 26 may 2018.
Section
EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam

Keywords

Pengawas dan Pendidikan Islam.