Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo

  • Benny Prasetiya STAI Muhammadiyah Probolinggo

Abstract

Penelitian  ini  dilatar  belakangi  peran kompetensi guru dan lingkungan sekolah sangatlah penting untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Peran motivasi sangat besar dalam belajar, dengan motivasi inilah siswa  menjadi  tekun  dalam  proses  belajar  mengajar,  dan dengan motivasi itu pula kualitas hasil belajar siswa dapat diwujudkan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kompetensi profesionalisme guru dan lingkungan di sekolah dengan motivasi belajar PAI peserta didik    kelas XI Tahun Pelajaran 2016 – 2017 di SMA/SMK/MA se kota Probolinggo. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner, yang disebarkan kepada 60 sampel. Sampel dipilih menggunakan teknik  Proporsional  Random  Sampling  teknik  analisis  data yang di gunakan adalah korelasi ganda. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini hasil statistik diketahui nilai korelasi r hitung sebesar ry3  = 0,591. Angka ini mengisyaratkan bahwa hubungan berjalan secara bersama–sama antara kompetensi profofesionalisme guru dan lingkungan  sekolah  adalah  positif.  Nilai  R  Square  sebesar

0,350  menunjukkan  bahwa  variable  kompetensi profesionalisme guru dan lingkungan sekolah dengan motivasi belajar PAI berkontribusi terhadap motivasi belajar PAI 35%,

sedangkan  sisanya  sebesar  65%  dijelaskan  oleh  faktor  lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

References

STAI Muhammadiyah Probolinggo
Published
2017-11-16
How to Cite
PRASETIYA, Benny. Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 148 - 170, nov. 2017. ISSN 2407-3717. Available at: <http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/300>. Date accessed: 27 apr. 2018.
Section
EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam

Keywords

Kompetensi Profesionalisme Guru, Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar PAI