Analisis Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 dalam Perspektif Surah Luqman Ayat 12-19

  • Nida Dzu Suraiyah STAI Hasanuddin Pare

Abstract

2013 Curriculum use three important aspects of education: cognitive, psychomotoric, and affective where more emphasis on character education in the standard of graduates of the realm of attitudes, knowledge and skills. From the three domains are closely related to the Surah Luqman verse 12-19, which contains advices to his son and suitable when applied to the character of the students present. This study aimed to analyze:(1)Standard Competency 2013 Curriculum, (2)Tafseer Surah Luqman verse 12-19. This study used a qualitative approach descriptive for the developmental research library research, the method used was thematic, while data analysis using content analysis. The results of this study found some domains listed in SKL K-13 that is the realm of attitudes, knowledge and skills, which are contained in a tafsir Luqman education in verse 12-19: First, Luqman gives his taught to always be grateful for everything that exists for him. Secondly, Luqman taught his son to  Tawheed that is faithful to Allah. Third, Luqman taught his son to devote to his parents. Fourth, Luqman taught his son to prayers. Fifth, Luqman gives direction to his son to always preach in the way of Allah. Sixth, Luqman taught his son to behave in manners, not arrogant, and modest in walking and talking.

Kurikulum 2013 menggunakan tiga aspek penting dalam pendidikan yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif yang mana lebih ditekankan pada pendidikan karakter dalam standar lulusannya dari ranah sikap, ranah pengetahuan, dan ranah keterampilan. Dari ketiga ranah tersebut sangat berkaitan dengan surat Luqman ayat 12-19 yang berisi nasehat untuk anaknya dan sangat bagus jika diterapkan untuk karakter anak didik sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1)Standar Kompetensi Lulusan Kurikulum 2013, (2) Tafsir Surah Luqman ayat 12-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif developmental dengan jenis penelitian library research, metode yang digunakan adalah tematik, sedangkan analisis data menggunakan  metode  analisis  isi. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa dari ketiga ranah yang tercantum dalam SKL K-13 yaitu ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, yang terkandung dalam pendidikan surah Luqman pada ayat 12-19 yaitu: Pertama, Luqman memberikan ajaran anaknya untuk selalu bersyukur atas segala yang ada pada dirinya. Kedua, Luqman mengajarkan anaknya untuk bertauhid yaitu beriman kepada Allah Swt. Ketiga, Luqman mengajarkan kepada anaknya untuk berbakti kepada kedua orangtuanya. Keempat, Luqman mengajarkan kepada anaknya untuk mendirikan shalat. Kelima, Luqman memberikan arahan kepada anaknya untuk selalu berdakwah di jalan Allah. Keenam, Luqman mengajarkan kepada anaknya untuk berperilaku sopan santun, tidak sombong, dan sederhana dalam berjalan maupun berbicara.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Qur’an al Karim
Al-Ghazali, Abu, Hamid. 1994. Tentang Bahaya Takabbur, terj. Kholifa Marhijanto. Surabaya: Tiga dua.
Al-Khalidy, Shalah. 2000. Kisah-Kisah Al-Qur’an: Pelajaran dari Orang-Orang Terdahulu, Jiid 3. Jakarta: Gema Insani Press.
Hamid, Syamsul, Rijal. 2002. Ridho Allah Tergantung Ridho Orang Tua. Bogor: Cahaya Salam
Hermawan, A. Heris. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta : Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI.
Ma’arif , A. Syafi’i. 1991. Pendidikan Islam di Indonesia Antara Cita dan Fakta. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
M, Fadlillah. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, & SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Poerwati, Loeloek, Endah dan Amri, Sofyan. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Syarifuddin, Amir. 2003. Garis-Garis Besar Fiqh. Bogor: Kencana
Sopiatin, Popi, dan Sahrani, Sohari. 2011. Psikologi Belajar dalam Pespektif Islam. Bogor: Ghalia Indonesia.
Syaikh, Abdullah, dan Syaikh, Muhammad. 2006. Ringkasan Keyakinan Islam, Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jamaah. Surabaya: pustaka Elba.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Ober Indonesia.
Published
2017-11-01
How to Cite
SURAIYAH, Nida Dzu. Analisis Standar Kompetensi Lulusan Madrasah Ibtidaiyah Kurikulum 2013 dalam Perspektif Surah Luqman Ayat 12-19. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 095 - 112, nov. 2017. ISSN 2407-3717. Available at: <http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/294>. Date accessed: 14 aug. 2018.
Section
EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam

Keywords

Analisis, Perspektif, Stadar Kompetensi Lulusan MI dan Surah Luqman 12-19