Pengaruh Klasifikasi Ilmu Terhadap Kurikulum PAI Dalam Perspektif Ulama

Abstract

Salah satu konsep pemikiran para ilmuwan terdahulu dalam bidang keilmuan adalah persoalan klasifikasi ilmu. Klasifikasi ilmu ini didasarkan pada hirarki ilmu yang pada dasarnya berpijak pada konsep hirarki wujud yang diyakini dalam metafisika Islam. Penyusunan klasifikasi ilmu ini diperlukan untuk membentuk matriks dan latar belakang pada sistem pendidikan Islam. Dalam hal ini, Sayyed Hossein Nasr mengilustrasikan ilmu seperti cabang-cabang sebuah pohon yang mempunyai daun dan buah. Cabang dari pohon-pohon ini tidak seterusnya berdaun, berkembang, dan berbuah. Begitu halnya dengan ilmu yang tidak selayaknya dicapai melampaui satu batas tertentu

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mahyudin Ritonga, Muhammadiyah University West Sumatera
if you master in the language the word in your hand

References

Al-Attas. Syed M. Naquib Prolegomena to The Metaphysics of Islam: an Exposition of the Fundamental Element of the Worldview of Islam. Kuala Lumpur: ISTAC, 1995.

_____, (ed.), Aims and Objectives of Islamic Education. Jeddah: King Abdul Aziz University, 1977.

_____, The Concept of Education in Islam. Kuala Lumpur: ABIM, 1980.

_____, Islam, Secularism, and The Philosophy of the Future. Kuala Lumpur: ABIM, 1985.

_____, Islam: The Concept of Religion and the Foundation of Ethics and Morality. Kuala Lumpur: ABIM, 1978.

_____, Arief, Armai. Reformasi Pendidikan Islam. Tangerang: Ciputat Press Group, 2007.

Asyraf, Ali. Horison Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Firadaus, 1989.

Bakar, Osman. Classification of Knowledge in Islam: A Study in Islamic Philosophies of Science. Kuala Lumpur: Institute for Policy Research, 1992.

Al-Farabi, Ihsa’ al-‘Ulum. Kairo: Dar al-Fikr, tt.

Fromm, Erich. Psychoanalysis and Religion. New Haven: Yale University Press, 1950.

Al-Ghazali, Abu Hamid. Ihya’ ‘Ulum al-Din. Beirut: Dar al-Jil, tt.

Ibn Khaldun. The Muqaddimah: an Introduction to History. Princeton New Jersey: Princeton University Press, 1981.

Kartanegara, Mulyadhi. Menyibak Tirai Kejahilan: Pengantar Epistemologi Islam. Bandung: Mizan, 2003.

_____, Reaktualisasi Tradisi Ilmiah Islam. Jakarta: Baitul Ihsan, 2006.

_____, Integrasi Ilmu: Sebuah Rekonstruksi Holistik. Bandung: Arasy, 2005.

Langgulung, Hasan. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: al-Husna Zikra, 2000.

Lubis, Akhyar Yusuf. Epistemologi Fundasional. Bogor: Akademia, 2009.
Nakosteen, Mehdi. Kontribusi Islam atas Dunia Intetlktual Barat, Deskripsi Analisis Abad Keemasan Islam. Surabaya: Risalah Gusti, 2003, cet. ke-2.

Nasr, Sayyed Hossein. Sains dan Peradaban di Dalam Islam. Bandung: Pustaka, 1997, cet. ke-2.

Nasr, Seyyed Hossein dan Oliver Leaman (ed.). Ensiklopedi Tematis Filsafat Islam. Bandung: Mizan, 2003.

Nasution, S. Asas-asas Kurikulum. Jakarta: Bumi Aksara, 2006, cet. ke-vii.

Nata, Abuddin. dkk. Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Rahman, Fazlur. Islam and Modernity, Transformation of an Intellectual Tradition. Chicago: The University of Chicago Press, 1982.

Saridjo, Marwan (ed.). Mereka Bicara Pendidikan Islam: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2009.

Wan Daud,Wan Mohd Nor. The Educational Philosophy and Practice of Syed Muhammad Naquib al-Attas: an Exposition of the Original Concept of Islamization. Kuala Lumpur: ISTAC, 1998.
Published
2017-10-01
How to Cite
RITONGA, Mahyudin. Pengaruh Klasifikasi Ilmu Terhadap Kurikulum PAI Dalam Perspektif Ulama. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 001 - 024, oct. 2017. ISSN 2407-3717. Available at: <http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/287>. Date accessed: 14 aug. 2018.
Section
EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam

Keywords

Klasifikasi, ilmu, ulama, kurikulum