INTEGRASI NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KKNI UNTUK PERGURUAN TINGGI

Nuryanto Nuryanto

Abstract


Higher education has recently been required to implement the concept of national qualification framework of Indonesia (KKNI) in the instructional practices.This can be seen from the presidential regulation no 8 year of 2012 which states that KKNIisa staging qualification framework aimed at accommodating, balancing, and integrating between educational field and job training field and job experience as well. Meanwhile, the Constitution of National Education System No 20 year of 2003 briefly stating that “national education is to develop skill and build characters. Therefore, the higher educational institutions need to accommodate these two different goals. This article reviews literatures concerning on the essence of character values and how to adapt them into KKNI-based curriculum.
Dunia perguruan tinggi telah mendapatkan mandate baru dari pemerintah untuk menerapkan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Hal ini tercermin di Perpres no 8 tahun 2012 yang menyatakan bahwa KKNI merupakan kerangka kualifikasi penjenjangan yang bertujuan untuk menyelaraskan, menyesuaikan dan mengintegrasikan dunia pendidikan dengan dunia kerja dan dunia pengalaman kerja juga. Sementara itu, pemerintah melalui kementrian Pendidikan juga mengamanahkan UU Sistem Pendidikan Nasional no 20 tahun 2003. Oleh karena itu, perguruan tinggi harus mampu mengakomodasi kedua hal yang memiliki tujuan berbeda ini. Arikel ini membahas pentingnya nilai-nilai karakter dan bagaimana mengadaptasikannya kedalam kurikulum berbasis KKNI.

Keywords


Pendidikan Karakter, Kurikulum, KKNI.

Full Text:

PDF

References


Aljufri B. Syarif, Festiyed, Syakbaniah. Studi Peningkatan Kemampuan Tenaga Pendidik Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Tingkat Satuan Pendikan Sekolah Menengah Di Kotamadya Padang Sumatera Barat. Jakarta: Hibah Penelitian PPKK, 2009.

Festiyed. Internalisasi Integrasi Karakter Religius Pada Materi Fisika. Disampaikan pada Seminar Nasional Pembelajaran Fisika, 2 November 2013. http://fmipa.unp.ac.id/artikel/INTERNALISASI%20INTEGRASI.pdf

Gafur, Abdul. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Silabus Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umumdiaksesdarihttp://eprints.unsri.ac.id/4055/7/INTERNALISASI_NILAI_pendidikan_karakter.pdfpada 9 Juni 2016.

Gunawan, H. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. 2012.

Ikhwan, Afiful. Pergruruan Tinggi Islam dan Integrasi Keilmuan Islam: Sebuah Realitas Menghadapi Tantangan Masa Depan, Jurnal Ilmu Tarbiyah "At-Tajdid" STIT Muhammadiyah Pacitan, Vol. 5 No. 2 Juli 2016.

Kesuma, dkk,. Pendidikan Karakter: Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2011.

Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di ZamanGlobal, Jakarta: Grasindo, 2007.

Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter Integral, diakses 20 april 2012 darihttp://www.pendidikankarakter.org/articles_003.html

Kurniawati, Ida. KonsepPendidikanKarakterdalamPendidikan Islam. STAIN Salatiga. Diaksesdarihttp://perpus.iainsalatiga.ac.id/docfiles/fulltext/436cce507cce36d0.pdf pada 15 Juli 2016.

Poerbakawatja, Soegarda, Ensiklopedi Pendidikan, Jakarta: Gunung Agung. 1982.

Marzuki Farhan. Pendidikan Karakter Vis-à-vis Pendidikan Akhlak, http://pendidikanfarhan.blogspot.com/. Diakses tanggal 10 Juni 2016.

Maya, B. et al. Character Education for the 21th Century: What Should Students Learn? Center for Curriculum Redesign. Di aksesdarihttp://curriculumredesign.org/wp-content/uploads/CCR-CharacterEducation_FINAL_27Feb2015.pdfpadatanggal 6 Juli 2016.

Rahayu, P., R. Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Materi Ajar Buku Kreatif Berbahasa Dan Bersastra Indonesia Untuk Smp Kelas Vii Terbitan Ganeca. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diaksesdarihttp://eprints.ums.ac.id/21017/21/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdfpada 10 Juli 2016.

Peraturan Presiden no 8 tahun 2012 tentangKerangkaKualifikasiNasional Indonesia. Diaksesdarihttp://sipma.ui.ac.id/files/dokumen/U_KKNI/Perpres0082012.pdfpadatanggal 5 Juli 2016.

Schaeffer, E.F. It's Time for Schools To Implement Character Education. NASSP Bulletin, 1999.

Sudrajat, Ajat. Mengapa Pendidikan Karakter?.Diaksesdarihttp://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Mengapa%20Pendidikan%20Karakter.pdfpada 9 Juli 2016.

Yudistira, C. Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Alam Ungaran Kabupaten Semarang. 2014.

Zaenul, A.F. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.5281/e-journal.v4i2.219

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.5281/e-journal.v4i2.219.g174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam

..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

Diindeks oleh:

joomla
visitors Creative Commons License Jurnal EDUKASI by STAI Muhamadiyah Tulungagung is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI.

..................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

EDUKASI: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM
Progam Pendidikan Agama Islam Stai Muhammadiyah Tulungagung.  Jl. Pahlawan Gg.III / 27 Tulungagung Telepon (0355) 322376