Efektifitas dan Relevansi Pelatihan Pengembangan Madrasah Efektif pada Program AusAid SNIP MDC Jawa Barat

  • Ulfiah Ulfiah

Abstract

The background of research is the phenomena of madrasah decreasing in West Java to develop its capacity in the effectivity. The program of SNIP MDC in Effective School Improvement (ESI) gave encouraging and training to its effectivity. The purposes of this research are: 1) analyzing training effectivity of ESI; and 2) analyzing training relevancy toward its capacity. The research used qualitative approach by descriptive method. The source of data is madrasah as unit of analysis (such as principal, treasurer, and parent commitee), by techniques of interview, observation, checklist, and documentation. The conclusion are: 1) ESI training has good effectivity. That was showed by increasing post test based pre test, and knowledge increasing by good effect size; and 2) The increasing of relevance and effective has high index more than 80% and that showed by credit program fulfillment at 85,35%.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena lemahnya madrasah di wilayah Jawa Barat dalam mengembangkan kapasitas kelembagaan yang efektif. Program SNIP MDC Jawa Barat dengan program Pengembangan Madrasah Efektif (PME) memberikan dorongan dan pelatihan bagi madrasah sasaran untuk mengembangkan efektifitas madrasah. Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis efektifitas pelatihan PME yang dilaksanakan oleh SNIP MDC Jawa Barat; dan 2) menganalisis tingkat relevansi pelatihan terhadap pengembangan kapasitas kelembagaan madrasah. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data penelitian adalah pihak madrasah sasaran (kepala madrasah, komite, dan yayasan). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah wawancara, observasi, instrument daftar ceklist, dan dokumentasi. Penelitian menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: 1) Pelatihan PME dipandang memiliki efektifitas yang baik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai post test berdasarkan pretest, dengan perubahan pengetahuan pada peserta dengan effect size yang cukup bagus; 2) Secara keseluruhan dapat dinyatakan bahwa tingkat relevansi dan efektifitas pelatihan Pengembangan Madrasah Efektif sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan angka pencapaian indeks relevansi melebihi 80%, juga dibuktikan oleh rata-rata pencapaian pemenuhan output tagihan dengan nilai 85,35%.

Author Biography

Ulfiah Ulfiah
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung

References

Balitbang Departemen Agama. Hasil Survey Pengelolaan Madrasah. Jakarta: Balitbang Departemen Agama. 2010.
Fadjar. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Bandung: Mizan. 1998.
Ikhwan, Afiful. Akreditasi Madrasah Aliyah (MA) dalam Kebijakan Pendidikan Nasional, EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah STAI Muhammadiyah Tulungagung, Vol. 2, No. 2, November 2014 Maksum. Sejarah Madrasah. Jakarta: Logos. 2002.
Moeloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya. 2005.
Saud, Udin S.Perencanaan Pendidikan. Bandung: Rosda Karya. 2007.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alpabeta. 2004.
Suryadi, Rudi Ahmad. Percikan Pemikiran Pendidikan. Cianjur: STIT-NH. 2009.
Published
2016-11-01
How to Cite
ULFIAH, Ulfiah. Efektifitas dan Relevansi Pelatihan Pengembangan Madrasah Efektif pada Program AusAid SNIP MDC Jawa Barat. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 221-233, nov. 2016. ISSN 2407-3717. Available at: <http://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/EDUKASI/article/view/1>. Date accessed: 27 apr. 2018.
Section
EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam

Keywords

Effective School Improvement, Effectivity, Relevancy.